21/03/12

STRAIGHT EDGE!

1. ABOUT STRAIGHT EDGE

adalah cabang filosofis dari pergerakan punk, sebuah reaksi dari hedonisme dan penghancuran diri sendiri yang menjadi karakteristik punk itu sendiri. Filosofi mendasarnya berpusat pada isu Sef-Control. Straight adalah counter culture yang secara aktif mencegah penggunaan narkoba,penggunaan alkohol dan seks bebas.Straight Edge adalah Lifestyle yang berpusat pada pengembangan diri menjadi lebih baik, dimana sambil meningkatkan kesenangan dan kebersamaan. Straight edge tidak hanya tentang masuk ke musik kontemporer punk dan melawan drugs, tapi masuk lebih kedalam itu. Pergerakan ini berkeinginan menjauhkan masyarakat dari kebiasaan memakai Drugs (baik legal or ilegal). Straight Edge tidak dogmatis,tidak ada peraturan keras, tapi kamu yg menentukan, semua orang ga boleh mendikte seperti polisi, atau ingin mencapai ideologi yang di inginkan seperti agama dan pemerintah.

Pergerakan ini dimulai oleo band hardcore punk di awl taun 80-an, Minor Threat dengan vokalisnya Ian Mackaye menulis lag berjudul Out Of Step dimana berisi peraturan simple. "don't drink, don't smoke, don't fuck, but at least i can fucking thing". dimana berarti, lo ga ngedrugs, lo ga ngerokok, lo ga seksbebas,lo ga minum2, tap lo masih bisa ngelakuin semuanya, lo ga nerd. lo something. itu yang mau disampein.

lalu dilanjutkan dengan lagu straight edge, dimana pergerakan ini mempunyai nama, lirik

I'm a person just like you
But I've got better things to do
Than sit around and fuck my head
Hang out with the living dead
Snort white shit up my nose
Pass out at the shows
I don't even think about speed
That's something I just don't need

I've got the straight edge

I'm a person just like you
But I've got better things to do
Than sit around and smoke dope
'Cause I know I can cope
Laugh at the thought of eating ludes
Laugh at the thought of sniffing glue
Always gonna keep in touch
Never want to use a crutch

I've got the straight edge

12 tahun setelah minor threat bubar, kepercayaan simple ini telah bertransformasi menjadi poin utama pemikiran banyak remaja seluruh dunia. Pria dan wanita mengadopsi doktrin Straight Edge sebagai cetak biru, untuk memperbaiki diri mereka dulu, lalu dunia dimana mereka tinggal. Walaupun pada awalnya straight edge hanya mencakupi pemikiran mengenai memperbaiki diri sendiri dan tidak melakukan seks bebas, pengintepretasian modern mulai mencakup, Vegan.vegetarian, diet, dan naik menuju kepedulian lingkungan dan isu politik.

Ian mackaye dan lyle preslar personel dari minor threat, tidak pernah mengharapkan straight edge sebagai pergerakan. Di salah satu wawancara, Ian mackaye tidak pernah bilang

Ian:" Like Straight Edge, people have taken it to an extreme...as far
as i'm concerned all we did was put out an idea... if people wanna
hear it as preaching if that's what they want. Straight edge to me
is someone who is alert enough to benefit from what he or she is
doing..."

tapi mau*bagaimana juga, straight edge telah menemukan filosofisnya sendiri tanpa harus terus mengikuti apa kata ian mackaye.
Sederhana, tidak merokok,tidak minum, tidak memakai drugs,tidak melakukan seks bebas, dan kau juga tidak memaksa orang melakukan hal yang sama sepertimu. dan pengintrepetasi orang beda-beda. ada yang lo menjadi straight edge untuk diri sendiri, ada yang untuk lingkungan, dan ada yang karena ikut-ikut.

bagi gw, straight edge sendiri sudah lebih dari untuk diri sendiri, gw mengambil sisi baik dari straight edge, gw menggunakan itu untuk memberi semangat orang-orang tanpa harus memaksa mereka untuk tahu straight edge or menjadikan mereka straight edge.

2. Apa sih Tanda "X" ?

di taun 80-an dimana gigs2 dilakukan di bar, banyak anak muda yang tidak bisa menonton karena ditakutkan dapat meminum bir, melakukan transaksi narkoba, dll. maka dibuatlah peraturan oleh pemilik bar, bahwa anak dibawah umur tersebut memakai tanda X agar tidak diperbolehkan membeli alkohol. Tapi belakangan Tanda "X" menjadi tanda yang dipakai semua straight edge people, dengan menaruh di tangan, baju dan lain-lainya.



3. Apa sih SxE?

Sxe adalah akronim dari Straight Edge. biasa digunakan pada band Hardcore straight edge, untuk mengenalkan mereka biasa dengan menggunakan HxC , Earthcrisis ExC, dan NYxHC, dan lainnya.

4. Apakah Straight Edge Sebuah Agama?

TIDAK! walaupun Straight Edge mengambil beberapa nilai moral dari banyak agama, SxE bukan sebuah agama dimana mempunyai tuhan, mempunya tempat ibadah or penyembahan lainnya. Walaupun juga beberapa Straight Edge adalah orang2 dari agama kristen, Islam, budha,Hindu dll.

Banyak SxE menganggap pilihan hidupnya adalah dari hasrat diri mereka sendiri untuk menjadi benar pada dirinya dan bukan karena kepercayaan agama. mungkin dengan banyaknya orang yang mengaku beragama, tp masih ngebir, ngedrugs dan seks sebelum nikah.

5. Kenapa menjadi Straigh Edge?

banyak orang yang memilih Straight Edge sebagai jalan hidupnya adalah:
1. Ingin mengambil kontrol hidupnya (ex: kalo lo mabok krn bir, you lose control..lo OD you lose yourself)
2. Melihat bahaya Drugs,alkohol dan rokok.
3. Besar di lingkungan alkoholik, dan perokok.
4. Mengetahui secara baik filosofi sxe dan menganggap hal ini sbg jalan hidupnya
5. Bersama orang yg straight edge juga.

6. Bagaimana gw bergabung dengan straight edge?

You don't join straight-edge, you take on the straight-edge. You
just get involved in the scene and start thinking for yourself.

7. Tentang Musik

Straight Edge tumbuh besar di lingkungan musik Punk dan Hardcore. Dan musik lah yang berperanan penting dalam berkembangnya Straight Edge. Musik nya cepat, penuh kemarahan, lirik dengan pemikiran, keprihatinan dalam politik, sosial dan struktur lingkungan keluarga.

8. Siapa band Straight Edge pertama


The Teen idles, di awal 80-an di washington DC, dan penggerak utama adalah Minor Threat setela h dicetusnya lagu Straight Edge.

9. Tentang Komitmen

a. Kok banyak banget peraturan?

straight edge bukan tentang peraturan, straight edge adalah filosofi dalam mempunyai kontrol diri lo sendiri dalam aksi,dan membuat keputusan. Dan sebagai hasilnya, lo memilih untuk tidak minum, merokok,memakai narkoba, dan melakukan seks bebas, ada juga yang sudah mencapai, tidak memakan daging. Namun yang mesti digaris bawahi adalah Straight Edge adalah tentang Hardcore/Punk, tidak merokok, tidak minum dan tidak memakai narkoba. buat gw i see it as commitments that i proudly live by."

b. Kalo gw jadi sellout gw ga bisa jadi straight edge lagi dong?

ga ada yang sempurna , just get back to the edge if you want, and need it. tapi banyak orang yg bilang udah jadi sellout ga bisa balik lagi jadi straight edge, bukan semacam peraturan tp semacam panggilan, you can be drugfree, a PMA person, a poison free if you want.

c. Kalo gw Straight edge dan gay bisa ga?

straight edge ga ada hubungan sama cakupan seksual. Mau lo gay,lesbian, or ga suka sama sapa2, it's your choices.

d. Duh gw kan ga ngerokok nih, ga minum, ga ngedrugs gw straight edge dong!?

baca dari awal dulu ya bung

10. Straight Edge dan Politik

Straight Edge ga ada hubungannya sama politik, politik di straight edge hanya sebuah ekstensi logika dari gaya hidup straight edge. misalnya, kalo lo udah milih jalan hidup yang positif dan memegang penuh kontrol dalam hidup lo, akan muncul hasrat untuk menolong orang banyak, lingkungan membuat kontribusi positif pada kultur lo, sosial, dan masyarakat. Dan juga memberi semangat teman untuk berhenti meminum bir, alkohol dan ngedrugs.

contoh:
"seorang pekerja pemerintah yang straight edge, mendapatkan tawaran lahan "basah" dari bos-nya maka pekerja itu ga mau, karena dia melihat bagaimana efek itu ke masyarakat luas.."

11. Boleh ga kalo gw sakit minum obat?

walaupun banyak sxe ga minum obat, krn kebanyakan obat mengandung alkohol, tp kalo buat masalah sakit yg parah dan mesti diobatin, fucking take them, are you nuts?!

12. Straight Edge boleh minum yg ngandung kafein ga?

ya terserah lo aja, banyak yang ga minum karena kafein bisa bikin addict, tp ada juga yg ga minum karena ga suka. gw sendiri ga minum kopi lagi, tp minuman soda masih. haha

13. Duh temen-temen gw minum semua, ngerokok pula.. apa gw mesti ngejauhin mereka?

No! Be a good influence for them. You can be a better friend by
being straight.

14. Boleh nge-sex dan masturbasi ga sih kalo jadi straight Edge

di Straight Edge sex mah boleh-boleh aja, asal sama pasangannya sendiri, dan ga ganti-ganti pasangan, yg jadinya sex bebas, n bisa membahayakan munculnya penyakit menular, makanya lebih baik sex after married dengan pasangannya sendiri.

buat mastrubasi sih gapapa, asal ga bahayain orang lain knp ga. tp asal jangan addict juga, walaupun ini self-recreational tp man ini kan naluri manusia dari jaman batu, dijaman batu kan ga ada alkohol, alkohol, rokok, dan drugs itu kan bukan karena naluri manusia yang menganjurkan tp nafsu yang didukung lingkungan teman. ya walaupun masturbasi juga krn lingkungan , tp kan beda deh.. lol.
tp ini pendapat gw lho ya..

15. Ah pasti anak Straight Edge ANAK MAMI NIH!buktinya ga minum dll.



"The difference between us and nerds is that we [abstain from drugs] as a way of rebelling against society, not because society tells us not to,"

banyak anak straight edge dikatain "ah anak manja lu.. minum aja ga mau.." "ah sok alim lo!"
ya kita punya jawaban "kita melakukan itu bukan karena kita TIDAK DIPERBOLEHKAN, tapi sebagai memberontak melawan orang-orang seperti lo..the society that in our eyes are FAKE"


16. halo gan ane newbie nih.. straight edge apa ya?

skipped. 

17. Gan straight Edge di Indonesia kapan masuk ya?

hmm, gw rasa sekitar 1995-an or malah bisa aja 90-an. pas Youth Crew mulai menyebar ke seluruh di Indo, band Hardcore lokal mulai muncul, bisa jadi awal munculnya straight Edge di Indonesia. Cek www.indosxe.com aja..ada cerita orang yg udah lama jd straight edge

18. Band Straight Edge pertama di Indonesia siapa ya?

duh gw ga tau, tp kalo diliat dari lama mereka berdiri sampe sekarang mungkin Dead Pits or Thinking Straight juga bisa, tp ini dijakarta aja, kalo yg diluar gw ga tau deh, ada yang mau share?

19. Gan kenapa sih mesti dengerin Hardcore kalo jadi anak SxE


wah gan, karena menurut gw, dimana rasa kebanggaan lo menjadi sxe itu emang dari band2 HxC. baca liriknya, rasain emosinya, dan liat sejarah dibalik band itu, misal band itu bikin lagu ini pada saat masa-masa apa..

20. Gan band-band straight edge rekomended dari agan apa nih?

Minor Threat, The Teen Idles, SSD,7seconds, (Oldschool)
Gorilla Biscuits, Bold, Youth of Today, project X (Youth Crew)
Earthcrisis , Trial, Strife, Mouthpiece ( 90's)
Have Heart, Bane, Champion, Carry on, Vitamin x, Throwdown, Casey Jones (2000's)

21. Band-band lokal yg straight Edge siapa aja gan?

Thinking Straight, Manusia buatan, For Our Commitment, Braveheart, Strikehard, dll
datengin aja gigs-gigs HC pasti ada yang band straight edge.

22. Anak-anak Straight Edge kalo ngumpul dimana?

wah ga ada jadwalnya, straight edge bukan organisasi gan.. cuman datengin aja gigs-gigs, terus berbaur deh, asal jgn ngelompokin sxe sama sxe , negative sama negative. lol

23. Gan, kenapa sih kok anak Straight Edge rada fasis..yang suka ngebeda-bedain gt..

well, banyak banget emang, karena biasanya anak straight edge menjadi sxe krn berawal dari kebencian, ya misalnya, dia kesel selalu dijadiin korban asep para temen2nya perokok, suka dipaksa minum, kadang mereka berpikir, kenapa gw ga bisa gt jg.. toh mereka juga gt ke gw. ya krn itu pula banyak timbul sikap militan dr sxe.toh lgpl mereka yg minum2 juga udah militan sama masyarakat dengan bertindak seenak-enaknya. dan bagi sxe, alasan membunuh dengan alasan TIDAK SADAR bener2 ga di tolerir.

ngerti kan, mungkin simpelnya kaya gt.
tp rata2 udah jarang kok yg kaya gt, ya aksi nyatanya maksud gw udah ga keliatan, kalo dalam diri sendiri, how do i care?

24. Gan gimana dengan militan di straight edge?

bisa baca yang nomor 23, kenapa mereka jadi militan.
tapi ada juga yg karena alasan politis, tindakan militan bisa dengan kekerasan, like memecahkan botol2 minuman keras, mukulin orang mabok, nginjek rokok yang nyala. dll. tp ini ga gw saranin..
kalo mnurut gw cara militan yg 'baik' adalah dengan power of mouth. "drugs are for loser" kurang militan apa lg tuh kata2.. tp dibuat lebih halus.

25. Gan kalo jadi Straight Edge mesti jadi Vegan or vegetarian ya?

ga gan.. tolong camkan ya Straight Edge vegan itu adalah proses fase yang terjadi secara natural, dan politis. dan ga diharuskan. wlpn banyak yg bilang "Veganisme adalah fase tertinggi dari seorang straight edge".
tp gw sampe skrg blm jadi vegan/vegetarian. tp ya gw tetep cinta binatang, animal support dll.

DAN SAYA BERUSAHA UNTUK MENJADI SEORANG SxE! DOAKAN KAWAN!

SUMBER : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2140303

0 komentar:

Posting Komentar

No Spam!